Medjora, Ecofriendly Cafe : Surga Asri Tersembunyi di Kemuning, Karanganyar

Agustus 31, 2020

Kalau lagi ke atas (Karanganyar), biasanya nongkrong dimana?

Bukan hanya destinasi wisata alam, Karanganyar bagian atas biasanya juga menjadi tempat nongkrong anak-anak muda. Kalau Bogor punya "puncak", maka Karanganyar juga punya. Biasanya, anak Solo Raya menyebutnya dengan "TW" atau "munggah" dalam Bahasa Jawa, (Indonesia: naik). 

Selain Sekipan, Tawangmangu, dan daerah Cemoro, Kemuning juga adalah tempat nongkrong di atas yang sekarang mulai banyak pilihan kafenya. Salah satunya adalah Medjora Cafe, lokal kafe yang tersembunyi di antara gang-gang kecil di Kemuning.

 



Lokasi

Dari arah Solo (barat), ambil kiri di persimpangan arah Tawangmangu. Lurus terus sampai di daerah kebun teh kemuning, nah setelah itu masuk-masuk di gang-gang kecil perkampungan. Langsung cari di Google Maps-nya supaya tidak tersesat. Daerah kafe ini berada agak di bawah paralayang, jadi akan ada pemandangan parasut-parasut turun nantinya.

Medjora Cafe. Alamat : Jl. Kemuning-Paralayang, Kemuning Rt 01/02, Ngargoyoso, Karanganyar.

Sampai di pertigaan gang menuju Medjora kafe, sudah ada plang atau penunjuk jalan. Nah, di gang ini, ambil kiri. Maafkan fotonya blur-blur gitu. Medjora Kafe ada di sebelah kanan jalan dan parkirannya luas berada di sebelah kirinya.

Selamat datang, di kafe nuansa etnik Bali yang begitu asri.




Tema Kafe

Begitu masuk ke dalam kafe ini melalui pintu masuk berupa gapura kecil, akan langsung disambut dengan beberapa anak tangga. Kita akan dihadapkan dengan banyak tumbuhan yang hijau, suara gemericik air, jembatan buatan, lantai alami dari tanah, bebatuan, dan kerikil. Benar-benar tempat yang asri.

Medjora mengusung tag line : Local coffee, traditional food, dan ecofriendly cafe

Suasana yang hijau oleh tumbuh-tumbuhan, tapi tetap terjaga kebersihan tempatnya. Selain itu, ada juga properti-properti seperti becak, motor, sepeda onthel, dan jungkat-jungkit. Semakin lengkap untuk berfoto dan ngisi feed instagram kamu, nih!

Tempat duduk yang disediakan mulai dari bagian depan ada gazebo dan tempat duduk yang tersebar di beberapa titik taman terbuka ini. Tempat-tempat utnuk makannya, semuanya estetik dan unik.

 
Setelah area gazebo, di bagian depan juga ada area meja kursi di teras rumah, ada yang memakai kursi dan juga lesehan. Cozy banget, deh.
 
Dari area ini, nuansa Bali sudah mulai kerasa banget karena ada kain hitam putih kotak-kota Bali yang khas, dililitkan di setiap tiang-tiang. Area ini lebih dominan dihiasi dengan tanaman gantung merambat berwarna putih, seperti tirai. Tetap sama, semua tempat duduk disini kebanyakan memakai kayu-kayu.




 
Pernak-pernik unik di kafe ini memebuat desain kafe lebih aesthetic dan kuat sekali. Semakin gemas dan lucu, nggak bisa nahan buat foto-foto, kan? Spot fotonya banyak banget!
 
Nah, setelah dari area bagaian depan, saatnya kita masuk ke meja pemesanan untuk mengambil buku menu ya! Ini dia penampakan setelah masuk ke dalam salah satu ruangan yang ada disini.



 
Di sebelah kanan ruangan ini adalah ruangan yang banyak tumbuhannya juga, sekaligus pojok baca, banyak buku disini, dan kita bisa membaca bukunya juga. Selain itu, tempat duduk di ruangan ini mengelilingi beberapa tumbuhan yang tersusun rapi di tengah-tengah ruangan.




Gimana? Bingung memilih tempatnya?
 
Setelah mengambil buku menu, kita memilih tempat. Setelah bingung, tempat duduk pilihan kita jatuh pada area belakang kafe ini, tiga gazebo menghadap tembok tinggi batu-bata putih yang terpisahkan oleh kolam ikan.


Untuk menuju hidde place di Medjora Cafe ini, kita akan melintasi sebuah lorong yang masih dihiasi dengan tumbuhan segar.

Selamat datang..






Melihat berbagai area yang disediakan oleh Medjora Cafe, tempat ini nggak cuma sekedar untuk nongkrong dan makan saja. Tapi bisa juga untuk bersantai, melepas penat, atau piknik bersama keluarga. Ya, selain bisa untuk foto-foto dengan teman-teman, kafe ini juga family friendly karena banyak tempat yang bisa dipakai untuk orang dalam jumlah banyak.

 

 

 

Menu 

Menu di kafe ini lumayan beragam dan harganya ramah di kantong. Banyak varian kopi karena mereka menyediakan local coffee juga, dan makanan tradisional, sesuai dengan tagline mereka. Selain itu, mereka juga ecofriendly, yang diimplementasikan dalam penyajian makanan dan minumannya. Salah satunya yaitu sudah menggunakan sedotan stainless steel.


 
Aku dan teman-temanku memesan nasi pecel telur dadar, nasi ayam kremes kecil, cireng, pisang goreng, espresso, jus mangga, es teh, es batu, dan avocado latte.
 



 




Fasilitas

Di Medjora Kafe disediakan fasilitas toilet, tempat wudhu dan musholla. Jadi untuk teman-teman muslim nggak perlu bingung mencari tempat sholat kalau sudah betah nongkrong disini. Sudah disediakan sandal jepit, mukena, sarung, dan sajadah juga.

Letak tempat wudhu, toilet dan musholla berdampingan, yaitu berada di lorong menuju hidden place atau gazebo tadi.

Ada 2 toilet, yang satu luas dan yang satunya kecil. Tapi dua-duanya memiliki desain yang lagi-lagi unik dan menyatu dengan alam. Bebatuan dan tumbuhan, tapi tetap membuat pengunjung bisa nyaman juga karena kebersihannya terjaga.


Selain itu, kalau mau nongkrong lumayan lama atau kebablasan kayak kita alias betah banget disini nggak mau pergi rasanya, tenang saja, tersedia stop kontak di segala penjuru, jadi nggak perlu takut kehabisan daya handphone atau mungkin laptop.




Pulang

Tiba di penghujung bagian, yaitu pulang. Rasanya nyaman sekali di tempat ini, asri, sejuk, seger, bersih, menunya enak-enak dan ramah di kantong. Selain itu, pelayanannya juga ramah sekali. Kemarin temanku yang sedikit tidak tahu malu itu (Mak Uut) meminta bunga untuk dibawa pulang :( seneng banget dia waktu diambilin sama bapak-bapaknya yang lagi ngerawat tanaman.

Setelah selesai dan membayar, kita keluar dari surga asri tersembunyi di gang-gang kecil Kemuning ini. Terimakasih Mak Uut dan Sita yang sudah membawaku kemari. It's wonderful!

Beberapa pemandangan dari pintu keluar, masih ada beberapa gazebo juga :




 

 

 

Kontak

Jam buka : 09.00 - 22.00 WIB

Reservasi : 081393539251 / 082225847994

Alamat : Jl. Kemuning-Paralayang, Kemuning Rt 01/02, Ngargoyoso, Karanganyar.

 

 

 

 

 

 

Sampai jumpa kembali, Medjora..


You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Blog Archive