Catatan Sekolah : Bagaimana Pesawat Mengangkasa?

Maret 21, 2015

Ulangan Fisika,
27 Februari 2015
Fluida Dinamis

Pesawat memiliki ukuran yang besar dan sangat berat. Namun pesawat dapat terbang di angkasa, mengapa demikian? Tidak ada hal yang tidak mungkin bisa terjadi, dan fisika menjawabnya.

Pesawat dapat mengangkasa karena pengaruh dari gaya angkat pesawat. Gaya ini berasal dari penerapan Hukum Bernoulli yang dihasilkan oleh bentuk sayap pesawat. Sayap pesawat berbentuk seperti ini :


Pada bagian atas sayap pesawat dibuat agak melengkung. Ketika pesawat akan terbang, udara mengalir melalui bagian atas dan bawah sayap pesawat yang memiliki kecepatan berbeda. Hal ini dikarenakan udara berpisah saat melalui sayap pesawat dan harus bersatu kembali saat sampai ujung pesawat pada waktu yang bersamaan. Jika tidak, maka akan terjadi turbulensi udara (perubahan kecepatan aliran udara yang sering terjadi pada skala kecil, jangka waktu yang pendek, serta acak. Dengan kata lain, ketika kecepatan aliran udara dan/atau arah pergerakannya berubah dengan cepat, maka pada saat itu dapat dikatakan telah terjadi turbulensi udara [Wagtendonk, 2003]). Karean hal itu, maka kecepatan udara aliran udara di atas sayap pesawat harus lebih besar daripada di bawah sayap pesawat, mengingat bentuk sayap pesawat. Akibat dari perbedaan kecepatan aliran udara ini, maka terjadi pula perbedaan tekanan ddi atas dan di bawah pesawat. Menurut Hukum Bernoulli V = 1/P . V (kecepatan) berbanding terbalik dengan P (tekanan), sehingga tekanan di bawah pesawat lebih besar daripada tekanan di atas pesawat. Menurut rumus P = F/A, P (tekanan) berbanding lurus dengan F (gaya), sehingga gaya di bawah lebih besar daripada gaya di atas. Dan gaya di bawah pesawat dapat mengalahkan gaya di atas pesawat. Pesawat pun dapat terangakat dan mengangkasa.


----------------------------------------------------

 
By : 
Rosita Fitri Maisyaroh
Team OSN Fisika SMA kami. 
Sebelas MIA6


Referensi gambar : google. 



You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Blog Archive