7 Wisata Air 'Umbul' di Klaten, Jawa Tengah

September 29, 2023


Daerah Klaten pojok barat yang berbatasan dengan Boyolali terkenal memiliki banyak umbul atau juga menjadi pemandian yang berasal langsung dari sumber mata air dan menjadi wisata air yang kini sangat pesat perkembangannya. Selain itu, ada juga produk air mineral terkenal yang pabriknya berada di Klaten sini.

Ini dia 7 wisata air umbul yang pernah aku datangi, di antaranya :

  • Umbul Cokro
  • Umbul Manten
  • Umbul Asri
  • Umbul Pelem
  • Umbul Lengseh
  • Umbul Siblarak
  • Umbul Nilo


--------------


1. Umbul Cokro Tulung

Adalah umbul yang sangat terkenal dan paling terkenal pada masanya. Ini adalah umbul pertama yang pernah aku datangi sewaktu SMP. Jaman dulu, ini terkenal banget karena ada hiburan rege dan dangdutnya. Aku sempat kesana pas ada rege dan itu ramai banget (diajak temen-temen mbladat jauh untuk pertama kali dalam masa remajaku wkwk). Seru banget jadi cerita di masa sekarang.

Aku beberapa kali kesini. Di bagian atas ada kolam renang beserta water boomnya yang lumayan luas. Di bagian bawah ada kolam renang dan juga sungai air umbulnya yang super dingin, yang di bawahnya masih banyak bebatuan, jadi agak licin dan harus hati-hati kalau anak kecil masuk kesini. 

 

2. Umbul Manten

Kesini saat jaman kuliah, sekarang umbul manten telah direnovasi menjadi semakin bagus. Pemandangannya langsung sawah. Hijau-hijau segar. Aku belum kesana lagi, sih. Tapi, umbul ini salah satu favorit dan selalu ramai di kalangan teman-temanku kalau pada mau renang.

Ini foto-foto Umbul Manten pada jaman 2018, yang saat ini sudah berubah.




3. Umbul Asri

Di umbul ini, lebih ke kolam renang dan rumah makan. Selain itu, kolam renangnya ada yang khusus perempuan. Aku pernah kesini sekali pada tahun 2017 dan tempatnya lumayan luas.


 

 

4. Umbul Pelem

Umbul ini terletak sangat strategis dan selalu ramai, terlebih saat hari minggu dan hari libur. Jadi, jalanan di sekitarnya selalu padat dan bahkan macet. Tapi, banyak juga penjual jajanan di sepinggir jalan.

Tentu saja, sekarang penampakan Umbul Pelem sudah menjadi lebih baik dan bahkan kini ada wahana flying fox-nya juga.

 

5. Umbul Lengseh

Kesini karena kebutuhan shooting trailer kegiatan UKM jaman masih kuliah. Menurutku, tidak banyak yang tahu umbul ini kalau bukan orang sekitaran sini asli (alias akamsi).

Beberapa spotnya bagus banget, karena kolam air aslinya itu ada di bawah pohon beringin. Jadi, kerasa banget murninya. Sedangkan, di sisi lainnya ada kolam buatan juga. Tapi tetap dialiri air yang sama murninya.

Saking hidden gemnya, masih ada warga yang mencuci baju, mencuci motor, di umbul yang dikelilingi rumah penduduk setempat, atau justru 'umbul di tengah-tengah pemukiman warga'.

 

6. Umbul Siblarak 

Tahun lalu kesini, sudah pernah aku ceritakan disini : Naik Flamingo di Umbul Siblarak

Tahun ini, kesini lagi dengan kegiatan dan pengalaman baru yang berbeda : Pertama Kali Tubing di Umbul Siblarak.

 

7. Umbul Nilo

Umbul ini tidak direncanakan, alias manut aja temenku ngajaknya kemana, yang penting renang di daerah umbul. Akhirnya berhenti di umbul ini. Karena masih pagi, lagi-lagi masih sepi.

Umbul Nilo ini lumayan luas, lokasinya di dalam gang-gang. Ada banyak stand penjual makanan berjajar di satu lokasi. 

Di sebelah barat ada lokasi kolam renang dan sebelah timur ada lokasi umbul yang airnya tentu sangat dingin sekali. Karena aku bukan berdarah Elsa, maka di kolam renang sebelah barat saja sudah cukup membuatku kedinginan.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Blog Archive