Tiba-tiba Kepikiran dan Kemudian Lupa Mau Nulis Apa

Mei 14, 2022

Pepatah dari jaman SD yang masih aku ingat sampai sekarang adalah : ikatlah hewan buruanmu. Alias pas kepikiran atau terinspirasi apapun, segera tulis di buku, karena kalau tidak, dia akan lepas.

Aku sering mengikat dan aku jugga sering lupa mengikatnya hingga buruanku lepas begitu saja. Alasannya adalah sederhana tetapi menjengkelkan, kadang aku suka tiba-tiba kepikiran pas di jalan lagi naik motor, jadi tidak sempat untuk menulisnya, mencoba untuk mengingat-ingat, tapi pasti hitungan detik ketika sudah teralihkan oleh hal lain, lupa begitu saja. Dan akan kembali teringat di beberapa waktu kemudian, "kata-kata yang kemarin di atas motor gimana ya, bunyinya?"

Menjengkelkan sekali.

Biasanya, kalau sempat, aku pasti akan langsung mengeluarkan hape dan merekam inspirasi yang muncul tiba-tiba itu dengan voice memo, karena notes akan terlalu memakan waktu. Kalau lagitidak didekat hape, aatau hapeku baterainya lemah, bahkan mati, maka aku akan mengeluarkan bulpenku. Yash! Aku membawa bulpen kemanapun, selalu kuusahakan, pasti. Serta buku catatan kecil, kalau pun tidak ada, kutulis di tangan.

Karena bagiku, inspirasi itu sangat berharga. Entah akan berguna sekarang atau pun nanti, itu sesuatu yang berharga. Sangat. Jadi, tidak boleh disia-siakan. Jadi, aku selalu menyesal kalau tidak bisa mengikat mereka semua.

Ini saja aku tulis tiba-tiba, karena akhir-akhir ini aku kehilangan buruan yang aku dapatkan.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Blog Archive