Candi Ratu Boko : Salah Satu Tempat Hunting Sunset Terbaik di Jogja

September 20, 2020

 

 

Jalan Masuk Candi

Ini adalah kali kedua aku menyambangi Candi Ratu Boko. Candi di sebuah bukit daerah Piyungan, Yogyakarta.

Dari arah timur Candi Prambanan, ambil jalur alternatif Yogyakarta melalui jalan Piyungan. Mengikuti jalan raya itu terus sampai kemudian ada plakat 'Candi Ratu Boko', kita ambil kiri. Sedangkan kalau dari arah barat Candi Prambanan, bisa ambil ke kanan lewat jalan kecil, alternatif. (Biar lebih gampang, search Gmaps ya, hehehe).

Nah, setelah belok di jalan kecil menuju Candi Ratu Boko, kita ikuti terus jalannya, dan sudah ada plakatnya menuju candi. Saat mendekati lokasi, jalanannya mulai menanjak dan menikung, jadi hati-hati ya. Tempat parkir kendaraan ada di bagian atas,sedikit menanjak.



Prosedur Masuk Candi Ratu Boko

Setelah parkir, kita diarahkan petugas untuk cuci tangan dengan sabun di tempat yang sudah disediakan terlebih dahulu sebelum membeli tiket di loket masuk. Biaya akomodasi masuk candi sebesar Rp 40.000/orang. Setelah itu, kita dicek suhu badan, dengan catatan bahwa suhu badan yang di atas 37 derajat tidak diperbolehkan masuk. Setiap pengunjung diberikan stiker bergambarkan candi di pakaian kita. 

 

Ingat, harus tetap menggunakan masker dan jaga jarak dengan rombongan wisatawan lain. Setelah dicek suhu badan, kemudian kita masuk melalui bilik yang menyemprotkan disinfektan.



Halaman Depan Candi Ratu Boko

Setelah loket masuk, ada beberapa bangunan yang mengelilingi halaman depan ini. Ada bangunan cutomer service, Temple Gelato yang menjajakan es krim, restoran, musholla, toilet, dan bangunan penjual cindera mata atau oleh-oleh khas Candi Ratu Boko.




 

Dulu, sekitar 3 tahun lalu spot ini belum ada hiasannya seperti di foto tersebut. Tapi hanya kursi yang terbuat dari sebatang kayu lumayan besar yang tetap cantik. Sebelum bisa mencapai spot ini, kita harus melalui pengecekan tiket lagi terlebih dahulu.
 
Dari restoran itu, ada tempat makan out door-nya yang langsung bisa menikmati pemandangan. Sedangkan kalau nggak makan disana, ada sebuah spot yang tetap bisa buat menikmati pemandangan di bawah sana.



Masuk dan Scan Tiket

Setelah halaman depan, di sebelah pojok di samping air terjun buatan adalah tempat pengecekan tiket. Tiket kita yang berupa selembar kertas dengan barcode  harus discan di loket agar kita bisa masuk. Selain pengecekan tiket, kita juga dicek barang bawaan atau tasnya. Kita tidak diperkenankan membawa makanan dari luar. Kemudian barulah ada spot foto yang tadi ya.

Selamat menaiki banyak anak tangga. Capek sih, karena banyak banget. Tapi dinikmatin aja sambil nengok ke kiri karena pemadangannya memanjakan mata. Apalagi menjelang unset seperti ini. Tapi tenang saja, di setiap beberapa anak tangga, disediakan kursi di sebelah pinggir kanan, untuk istirahat.

Selepas dari anak tangga, banyak pedagang atau pemilik warung pinggir kanan lokasi wisata yang menawarkan menunya. Mereka menghampiri para wisatawan yang baru masuk, menawarkan makanan dan minuman yang nanti kemudian akan mereka buatkan dan diantarkan dari warung ke tempat duduk kita. Bisa di kursi-kuri yang disediakan, atau gazebo, atau juga di rerumputan.



Welcome to : Salah Satu Tempat Hunting Sunset Terbaik di Jogja

Setelah menempuh banyak anak tangga, kita disuguhkan dengan hamparan taman dengan air mancur, spot dolanan jaman dulu, dan spot foto tulisan 'Keraton Ratu Boko' serta gerbang candi yang rasanya pengin lari kesana. Tapi ada tangga lagi. Pelan-pelan ya, nimatin jalannya, hehehe.

Spot rerumputan yang bisa buat main mainan jaman dulu dengan membayar seikhlasnya, main sepuasnya, menarik perhatianku, dan mau aku bahas sendiri : disini.

Setelah menaiki sedikit anak tangga lagi, kita akan disuguhkan halaman rerumputan di depan gerbang candi. Sekarang, wisatawan hanya boleh memasuki candi dari gerbang samping kiri dan keluar dari gerbang samping kanan. Gerbang utama ditutup alias tidak boleh dilewati.

Selain itu, kita juga tidak diperbolehkan menginjak batu asli di sekitar candi. Disana akan ada rambu peringatan. Jadi, harap dipatuhi dan jangan dilanggar ya, teman-teman.

 

 

 

 

 

 
Mari, Masuk ke Bangunan Candi  

Setelah memasuki gerbang candi, ada jalanan panjang membentang lurus dengan gerbang utama candi. Kemudian hamparan rerumputan yang di samping kiri ada bangunan yang sudah runtuh, tapi harus naik tangga lagi kalau mau ke atas sana. Di sebelah kanan ada pohon besar dan di bawahnya ada kursi duduk. Kemudian ada pemandangan pegunungan juga. Selain itu jgua ada beberapa bangunan candi yang sudah runtuh.
 
Selamat hunting sunset terbaik kalian. Pintar-pintar mencari angle supaya hasil fotonya epic, ya. Semoga cuaca juga cerah, biar bisa sukses dan sempurna sunset-nya.
 



 

 

 
 
 
 

See You Again, Ratu Boko Temple

Sedikit rasa penyesalanku di Candi Ratu Boko adalah tidak mengeksplor seluruh titik dan sudutnya. Karena, kalau pas sampai di sini sudah sore dan tempat wisata ini tutup jam 17.30 WIB. Jadi hanya bisa foto-foto di gerbang candi saja.

Besok lagi, kalau kesini, aku mau sampai ke sudut-sudutnya. Huhuhu.

See you again..






Note : 

Website : Candi Ratu Boko 

Tiket masuk : Rp 40.000/orang

Parkir : Rp 3.000/motor

 

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Blog Archive